Belajar bahasa Minang Yuks!!! mari belajar bahasa padang(BAG 1)

Belajar bahasa Minang Yuks!!! mari belajar bahasa padang(BAG 1)

Belajar bahasa minang yuks!!! -  Indonesia Negara yang kaya akan budaya, serta memiliki bahasa daerah yang beragam dengan keunikan nya masing-masing. Mulai dari daerah sabang yaitu Aceh dengan bahasa khas Aceh milik nya sampai ke merauke dengan bahasa yang unik pula.

Masih berada di pulau Sumatera tepat nya daerah Sumatera barat dikenal bahasa daerah yang khas, bahasa Minang. Mungkin anda sering atau mungkin pernah bahkan mungkin bisa dan mengerti menggunakan bahasa Minang.

Bahasa Minang, bahasa yang unik dan lebih mudah untuk dipelajari daripada bahasa daerah yang lain. Dikarenakan bahasa minang tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia.

Namun, disini. Mungkin anda menganggap bahasa Minang merupakan bahasa yang bawaan kalimat yang kasar, namun yang perlu anda ketahui adalah sebuah bahasa tidak akan terdengar kasar jika seseorang tidak menggunakan synonim yang terdengar kasar pula.
Karena Bahasa Minang tidak terpaku, dengan memiliki banyak synonim (persamaan kata) yang apabila diganti akan terdengar lebih nyaman dan lembut.

Sebagai contoh, kalimat didalam bahasa Minang yang dianggap kasar :
+ ANG - yang artinya Kamu (Untuk laki-laki)
Kalimat diatas terdengar sedikit kasar, namun anda bisa menggantinya dengan (Adek, abang, uda dan sanak) Sehingga kalimat andapun terdengar lebih nyaman didengar.
+KAWU - yang artinya Kamu (Untuk perempuan)
Kalimat KAWU ini anda bisa menggantinya dengan kalimat (Adiak, uni, kakak, etek, dll)


Bahasa minang juga mudah dipelajari. Anda hanya perlu merombak sedikit huruf didalam bahasa Indonesia. Anda bisa menambahkan kata "IANG" pada akhir kalimat. Pada contoh
+ Kuping : KupIANG
+ Kucing : KucIANG
+ Anjing  : AnjIANG
+ Pusing : PusIANG

Dan kalimat-kalimat lainnya.
Untuk menggunakan kalimat yang lengkap dalam bahasa Minang juga tidak rumit, anda hanya perlu mengurutkan kalimat tersebut dengan runtut. Seperti kalimat berikut :
Kemarin saya melihat nenek-nenek jatuh dari bukit yang agak tinggi

TRANSLATE

+ Kemarin : Patang
+ Saya : ambo/aden
+ Melihat : Maliek/meliat
+ Nenek : Nenek
+ Jatuh : Jatuah
+ Dari : Dari
+ Bukit : Bukik
+ Yang : Nan
+ Tinggi : Tinggih

Sehingga jika digabungkan, maka akan jadi ;
"Patang ambo maliek nenek-nenek jatuah dari bukik nan tinggih"

Nah, mudah bukan? Cukup sekian pembelajaran awal tentang bahasa Minang. Kita akan tetap mempelajari bahasa Minang pada kesempatan berikutnya.

Kunci dalam mempelajari bahasa ialah mempraktekkannya. Anda tidak akan pernah bisa bebrbicara dalam bahasa lain jika anda tidak berani mengucapkan kalimat tersebut.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar